top of page
Search
  • Writer's pictureKomunikasi Klasik

Literasi Digital (Resume Blog)

Updated: May 22, 2018



Hai..Halo..

Teman-teman, di jaman yang modern dan serba digital ini siapa sih yang tidak menggunakan Gadget atau smarthphone dan sosial media? Tapi pada tau gak sih kalau dalam menggunakan hal tersebut kita perlu berhati-hati dan juga memanfaatkan untuk hal positif? Mengapa banyak hoax yang tersebar teman-teman? Itu semua karena kurangnya literasi digital, saat hampir semua orang dari berbagai kalangan usia menggunakan gadget yang canggih. Oleh karena itu saya akan mengulas mengenai literasi digital yang berasal dari blog anggota kelompok lain. Tampilan blog ini menarik menurut saya dan kontennya juga menarik. Yuk kita bahas, apa sih literasi digital itu.


Literasi digital adalah ketertarikan, sikap dan kemampuan individu dalam menggunakan teknologi digital dan alat komunikasi untuk mengakses, mengelola, mengintegrasikan, menganalisis dan mengevaluasi informasi, membangun pengetahuan baru, membuat dan berkomunikasi dengan orang lain. Media berhubungan erat dengan budaya. Terkadang apa yang ditampilkan media hanya berdasarkan budaya-budaya tertentu yang tidak mewakili semua budaya yang ada. Salah satu contohnya adalah standarisasi kecantikan yang sering dimunculkan di media sosial. kecantikan hanya dinilai dari sudut pandang tertentu saja. demikian pula dengan representasi wanita di dalam koran kuning.


Keuntungan Hadirnya Literasi Digital

Beberapa keuntungan dari literasi digital adalah sebagai berikut:

1. Menghemat waktu

Adanya literasi digital, memudahkan kita untuk mendapatkan informasi dimana pun dan kapunpun karena kemajuan teknologi internet.

2. Menghemat uang

Melalui internet kita dapat memperoleh informasi dengan gratis.

3. Mempengaruhi dunia

Internet menyediakan berbagai informasi berupa tulisan-tulisan yang tentunya dapat mempengaruhi pemikiran para pembacanya.

4. Belajar lebih cepat

Literasi digital memudahkan kita dalam hal belajar karena kita dapat menemukan segala informasi yang kita butuhkan atau mendapatkan referensi dengan mudah dari internet.

5. Membuat keputusan lebih baik

Dengan literasi digital membantu kita membuat keputusan yang lebih baik, karena kita dapat mencari informasi secara luas, mempelajari, menganalisis dan membandingkan informasi-informasi yang kita dapati kapan saja. Sehingga berita-berita palsu atau hoax tidak akan merajalela dan meresahkan orang lain yang melihatnya.


Elemen penting Literasi Digital

1. Social Networking

Kehadiran situs jejaring sosial dengan menggunakan teknologi, dapat meningkatkan efisiensi dalam berkomunikasi.

2. Transliteracy

Transliteracy adalah kemampuan memanfaatkan segala platform yang berbeda untuk membuat konten, mengumpulkan, membagikan hingga mengkomunikasikan melalui berbagai media sosial, grup diskusi, smartphone dan berbagai layanan online yang tersedia.

3. Maintaining Privacy

Dalam literasi digital penting bagi kita untuk melakukan maintaining privacy atau menjaga privasi dalam dunia online.

4. Managing Digital Identity

Managing digital identity berkaitan dengan bagaimana cara menggunakan identitas yang tepat di berbagai jaringan sosial dan platform lainnya.

5. Creating Content

Creating content berkaitan dengan ketrampilan kita tentang bagaimana caranya membuat konten dalam berbagai aplikasi online. Creating content juga mencakup kemampuan kita menggunakan berbagai platform e-learning.

6. Organising and Sharing Content

Organising and sharing content adalah cara kita mengorganisasi dan berbagi konten informasi agar penyebaran lebih mudah dilakukan.

7. Reusing/repurposing Content

Mampu membuat konten dari berbagai jenis informasi yang tersedia hingga menghasilkan konten baru yang dapat digunakan kembali oleh orang lain sesuai kebutuhannya.

8.Filtering and Selecting Content

Kemampuan kita dalam mencari, menyaring dan memilih informasi yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Filtering dan selecting mempermudah kita mendapatkan informasi yang kita inginkan dan dapat berdampak positif.

9.Self Broadcasting

Self broadcasting dilakukan untuk membagikan ide-ide menarik atau pendapat pribadi dan konten multimedia misalnya melalui blog.


Dampak Gadget bagi Psikologis anak dan remaja

Di era digital ini, seakan segala sesuatu tidak lagi terdapat garis pembatas.Cepatnya arus informasi tanpa ada filter yang memadai dapat memengaruhi kondisi seseorang.Pada zaman sekarang, orang tua lebih cenderung memilih memberikan anaknya gawai atau gadget untuk bermain daripada membiarkan mereka bermain dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar.Menurut Anna Surti Ariani, seorang pakar psikolog anak, anak yang bermain gawai terlalu lama dapat menyebabkan penurunan wawasan dan kecerdasan. Akan tetapi, pada kenyataannya penggunaan gawai jauh melebihi batasan ideal yang direkomendasikan oleh para ahli. Dari aspek psikologis, anak akan mengalami gangguan dalam perkembangannya karena pemakaian gawai dengan intensitas yang terlalu tinggi menyebabkan kurangnya interaksi dengan lingkungan. Oleh sebab itu, orang tua harus lebih waspada dalam memberikan kebebasan anak menggunakan gadget. Orang tua juga harus mengajarkan dan mengatur bagaimana anak harus menggunakan gadget mereka.


Author : Chintia Angela M (170906441)


Sumber : https://komasliterasidigit.wixsite.com/literasidigital/blog

Sumber gambar : https://www.quảngcáofacebook.vn/2018/04/3-cach-e-trien-khai-chien-luoc.html


141 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page