top of page
Search
  • Writer's pictureKomunikasi Klasik

Resum Blog Internet



Blog ini memiliki 5 (lima) artikel di dalamnya. Artikel pertama merupakan pengenalan mengenai blog mereka dan menyebutkan dari mana mereka berasal. Artikel kedua masuk pada materi yang pertama yaitu materi mengenai Sejarah Internet di Dunia. Di dalamnya diceritakan bagaimana proses internet masuk dan berkembang di Indonesia. Jauh sebelum internet muncul, teknologi jaringan komputer audah ditemukan pada tahun 1960. Lalu muncul ARPANET atau Advanced Research Project Agency Network pada tahun 1969. Di dalam ARPANET terdapat Transmission Control Protocol yang berfungsi mengatur penerimaan dan pengiriman antarkomputer. Pada tahun yang sama, ARPANET menggabungkan 4 situs dan diperkenalkan pada pertemgahan tahun 1972. ARPANET pun mengalami kesulitan dalam mengatur penggunanya sehingga terbentuklah MILNET yang berguna untuk keperluan militer dan ARPANET itu sendiri untuk keperluan non militer. Pada akhirnya keduanya digabungkan dan menjadi DARPANET dan sekarang dikenal sebagai internet.

Artikel ketiga membahas mengenai Sejarah Internet di Indonesia yang berisikan perkembangan internet dari tahun ke tahun di Indonesia. Awal mulanya artikel ini membicarakan perkembangan internet pada tahun 1986-1987 yang dilakukan oleh Amatri Radio Club atau ARC. Lalu berlanjut ke tahun 1989-1990 yang pada masa itu mulai muncul mailing list. Pada tahun 1992-1994 muncullah Amatir Packet Radio Network dan menjadi salah satu alat komunikasi yang cukup efektif. Berlanjut ke tahun 1994-1995 yang diawali dengan IndoNet yaitu ISP komersial pertama di Indonesia. Pada tahun 1995 hingga sekarang, akses internet di Indonesia semakin berkembang dan pengakases internet mencapai 88,1 juta pada tahun 2014.



Pada artikel keempat, blogger membahas mengenai Manfaat Internet. Terdapat banyak sekali manfaat internet di bidang pendidikan contohnya. Internet membantu guru untuk mencari berbagai teknik pengajaran yang baru. Bagi para pelajar, internet membantu dalam mencari reverensi dan bagi orangtua, internet membantu untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan mengenai pendidikan. Adapula manfaat-manfaat lain di bidang bisnis, sosial budaya, dan juga untuk kehidupan sehari-hari yang membantu para pengguna mendapatkan informasi-informasi baru dan penting bagi kehidupan mereka serta sebagai sarana untuk bersosialisasi.

Di artikel kelima ini, blogger membahas mengenai Macam-macam Web Browser Internet. Macam-macam web browser ini adalah Internet Explore, Mozilla Firefox, Goggle Chrome, Opera, dan Netscave Navigator yang sering kali digunakan pada Microsoft Windows serta Safari yang digunakan pada Mac OS atau iOS.


Author : Robertus Panggah P

Sumber :https://internetmates.wordpress.com

6 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page