top of page
Search
  • Writer's pictureKomunikasi Klasik

Teori Jarum Hipodermik atau Teori Peluru

Updated: May 24, 2018




Teori ini mengatakan bahwa pesan merupakan suntikan atau peluru bagi para audiencenya yang akan memberikan pengaruh besar bagi audience yang menerimanya. Sehingg

a teori ini memiliki pandangan bahwa khalayak merupakan target yang dengan mudah dan cepat dapat dipengaruhi oleh media, dan efek yang ditimbulkan dari media ini sangat kuat bagi khalayak.



Dalam teori jarum hiporemik ini, orang-orang yang berada dibalik layar media adalah orang-orang yang pintar dan bahkan lebih pintar daripada para audience yang mengakses media tersebut. Sehingga orang-orang dibalik media tersebut dapat mengelabuhi para audiencenya dan mempengaruhi audiencenya untuk memiliki pandangan seperti yang media kehendaki. Contohnya seperti ketika media televisi menayangkan adegan kekerasan atau tindak kejahatan. Hal tersebut akan masuk ke dalam memori para penontonnya sehingga secara sadar atau tidak, para penonton akan dapat melakukan hal yang sama atau hal yang serupa kepada orang lain.


Author : Robertus Panggah P

Sumber :

Nurudin. PENGANTAR KOMUNIKASI MASSA. Rajawali Pers.

111 views5 comments

Recent Posts

See All

5 Σχόλια


brayyindrawan
brayyindrawan
21 Μαΐ 2018

Mantap

Μου αρέσει

yonehendris
21 Μαΐ 2018

akhirnya dapet juga setelah nyari2

thanks minnnn

Μου αρέσει

florinexandra98
21 Μαΐ 2018

teorinya sangat membantu dalam mengerjakan skripsi saya

Μου αρέσει

Michael Keka
Michael Keka
20 Μαΐ 2018

Berarti pada zaman sekarang banyak media massa bahkan orang tdk bertanggung jwb menggunakan metode ini untuk menyebarkan hoax, dsb. (?)

Μου αρέσει

Michael Keka
Michael Keka
20 Μαΐ 2018

Kontennya menarik !!!

Μου αρέσει
bottom of page